Ketum PDI Perjuangan Umumkan Mahfud MD dampingi Ganjar Pranowo

oleh -150 Dilihat
Pemilu 2024
Foto bersama Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri usai mengumumkan Mahfud MD sebagai Cawapres (Ist)

JAKARTA, Asumsi.id – Ketua Umum (Ketum) PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri secara resmi mengumumkan sosok Calon Wakil Presiden pendamping calon Presiden Ganjar Pranowo pada Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2024. 

Dalam acara di kantor DPP PDI Perjuangan di Jalan Pangeran Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023), Megawati menyampaikan sosok itu adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mohammad Mahfud Mahmodin.

“Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim maka calon wakil presiden yang dipilih yang akan mendampingi bapak Ganjar Pranowo adalah bapak Profesor Mahfud MD,” ujar Megawati.

Mahfud disebut bukan sosok yang asing, karena pernah sama-sama menjabat di Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Mahfud juga disebut sebagai sosok intelektual yang mumpuni, berpengalaman lengkap di bidang eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

“Beliau juga dikenal sebagai pendekar hukum, pembela wong cilik,” ujar Megawati.

Usai mengumumkan nama Mahfud, Megawati mengutip Presiden pertama RI Soekarno yang juga ayah kandungnya. Ia mengatakan, pemimpin yang sebenarnya adalah mereka yang ketika masa krisis bisa mengambil tanggung jawab untuk menyelamatkan negara kita.

Ia juga mengutip syair lagu Indonesia Raya stanza ketiga dan memberikan penekanan pada upaya membangun Indonesia sebagai negara yang suci dan abadi. Hal itu perlu dilakukan dengan memilih pemimpin yang baik dan tepat pada Pilpres 2024.

Mahfud MD, dalam sambutannya mengatakan, selama menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan di Kabinet Indonesia Maju, ia bertugas memastikan Pemilu 2024 berjalan dengan lancar.

Oleh karena itu, ia tidak pernah menyatakan kesediaan untuk ber kontestasi. Kesediaan itu baru pertama kali ia ucapkan hari ini, saat dirinya sudah mendapatkan amanat dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan para ketua umum partai politik pendukung Ganjar lainnya.

“Ini pertama kali saya menyatakan bersedia menjadi cawapres,” ucap Mahfud.

Sebelum pengumuman, Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menegaskan bahwa sosok bakal calon wakil presiden yang akan diumumkan sebagai pendamping Ganjar Pranowo, sudah disepakati seluruh partai politik pendukung.

Pilihan sosok ini juga disebut tidak akan menyebabkan perpecahan antara Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyampaikan, di gedung ANRI, Rabu malam, akan diadakan acara deklarasi dukungan dari tokoh-tokoh muda, milenial, dan generasi Z untuk Ganjar dan pasangannya.

”Semuanya dilaksanakan dengan menegaskan komitmen pada masa depan yang berpijak pada sejarah bangsa yang hebat,” ujarnya. **

No More Posts Available.

No more pages to load.