BeritaBolmutSulut

Pemdes Inomunga Gelar Musrenbang TA 2024

1155
×

Pemdes Inomunga Gelar Musrenbang TA 2024

Sebarkan artikel ini
Musrenbang Desa Inomunga Tahun Anggaran 2024, Jumat (20/1/2023).

ASUMSI.ID | BOLMUT – Pemerintah Desa (Pemdes) Inomunga, Kecamatan Kaidipang, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), melakukan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Tahun Anggaran 2024 di Kantor Desa Inomunga, Jum’at (20/1/2023).

Musrenbangdes ini dihadiri Camat Kaidipang Muhamad Misaala, Kepala Desa (Sangadi-Red) Inomunga Sidin Datuela, BPD, Perangkat dan Lembaga Desa, dan Perwakilan Unsur Masyarakat Desa Inomunga serta Pendamping Desa.

Dalam kesempatan itu, Camat Kaidipang Muhamad Misaala menyampaikan bahwa Musrenbang tingkat desa adalah kewajiban bagi Pemerintah Desa sehingga setiap tahun harus dilaksanakan.

“Kita jangan bosan mengusulkan rencana pembangunan walau rencana itu tidak terealisasi tahun lalu atau tahun ini, kita usulkan lagi untuk tahun depan, karena tidak mutlak usulan kita dapat terealisasi semua karena anggaran terbatas,” tuturnya.

“Saya berharap ada satu atau dua usulan di Kecamatan Kaidipang dapat direalisasikan,” tambahnya.

Menurut Misaala, dari sekian banyak usulan dari Desa yang ada diwilayah Kecamatan Kaidipang ada yang paling menonjol yakni pada bidang pertanian yaitu pengadaan benih dan pupuk. Nantinya usulan ini akan dibawah pada Musrenbang tingkat Kecamatan.

Sebelumnya, Samsul Datuela, anggota BPD selaku pemimpin rapat mengatakan rencana pembangunan di desa adalah hasil usulan dan kesepakatan bersama, atau mungkin juga masih ada usulan rencana pembangunan yang belum sempat disampaikan pada musyawarah dusun.

“Diharapkan membuahkan output yakni terinventarisir rencana pembangunan yang jadi prioritas di desa kita ini, mana yang bisa didanai APBD Kabupaten, APBD Provinsi dan mana yang harus didanai APBN,” jelasnya.

Sementara itu, Sangadi Inomunga Sidin Datuela mengatakan, beberapa program yang disepakati dalam Musrenbangdes ini adalah program yang dapat bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat dan merata dalam membangun ekonomi masyarakat yang berkualitas dan berkelanjutan.

“Adapun program pembangunan yang dimusyawarahkan tidak lepas dari visi dan misi Pemerintahan Desa Inomunga, yakni program jangka panjang maupun jangka menengah,” jelasnya.

“Yang menjadi prioritas utama dalam  rencana pembangunan kita antara lain peningkatan akses jalan pertanian, talud/bronjong penahan sungai, pakar sekolah SD/SMP, Rehap Pustu dan Pagar Pustu serta pengadaan Benih Jagung/padi dan Pupuk adalah usulan yang tidak terpisahkan dalam RPJMDes enam tahun kedepan,” pungkasnya.

Sidin menyebutkan, pembangunan desa juga tidak lepas dari peran masyarakat untuk membantu pemerintah desa dalam mewujudkan setiap kegiatan yang akan direncanakan maupun yang akan dilaksanakan.

Harapannya, “Semoga kedepannya sesuai dengan harapan kita bersama Desa Inomunga lebih maju dan musyawarah Pemdes Inomunga dapat melaksanakan tugas dengan baik,” pungkasnya.

Pantauan media ini, diakhir Musrenbang dibentuknya tim delegasi Desa Inomunga lima orang untuk Musrenbang tingkat Kecamatan. (DR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
error

Enjoy this blog? Please spread the word :)