Pemkab Bolmut Kunker ke Balai Wilayah Sungai Sulawesi I

oleh -170 Dilihat

Manado, Asumsi.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) ke Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi I di Manado, Rabu (4/10/2023).

Kunker dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Bolmut Sirajudin Lasena, diterima oleh Kepala BWS Sulawesi I Ir. I Komang Sudana, MT, didampingi Kepala SNVT PJSA, Alvianus Talisungan, ST, Koordinator Teknis SNVT Olivia Motulo, SST, dan Kepala Tata Usaha Jacqueline Tahar di ruang rapat BWS I.

Dalam kunker tersebut, Pj Bupati Bolmut Sirajudin Lasena menyampaikan beberapa masalah dan kendala dalam penanganan Daerah Aliran Sungai (DAS) Andagile di daerah perbatasan Kabupaten Bolmut Provinsi Sulawesi Utara dengan Kabupaten Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo.

“DAS Andagile di wilayah Kecamatan Pinogaluman ada beberapa titik DAS terjadi penyempitan badan sungai akibat endapan lumpur yang hingga kini belum tertangani,” kata Sirajudin Lasena.

Ia menambahkan, akibat abrasi tersebut perlu pembangunan tebing penahan sungai di beberapa titik DAS yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Gorontalo Utara itu..

Pj Bupati Bolmut juga menyampaikan usulan permohonan bantuan anggaran untuk merehabilitasi Bendung Pontak yang terletak di Kecamatan Kaidipang dan Bendung Ollot di Kecamatan Bolangitang Barat.

“Bendung Pontak melayani 653 Ha sawah dan Bendung Ollot melayani 650 Ha Sawah,” sebut Sirajudin.

Selain itu, Sirajudin Lasena mengungkapkan terdapat beberapa titik abrasi pantai di wilayah Kabupaten Bolmut masih membutuhkan dukungan dari pemerintah pusat ataupun provinsi.

“Pantai Batu Pinagut, Pantai Boroko, Bolangitang I, Bolangitang II dan pantai Kuhanga itu butuh pembangunan talud pengaman pantai,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala BWS Sulawesi I, Komang Sudana menyambut baik dan akan berusaha memperjuangkan anggaran sehingga persoalan yang ada di Kabupaten Bolmut bisa tertangani.

Diketahui, turut hadir mendampingi Pj Bupati Bolmut Sirajudin Lasena diantaranya Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Sekda Bolmut Abdul Nazarudin Maloho, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Rudini Masuara, ST dan Kepala Bappeda Aromat Talibo. (Dolvin)

No More Posts Available.

No more pages to load.