Rakor Pengendalian Inflasi 2023, Masyarakat Diajak Tanam Cabai

oleh -1082 Dilihat

ASUMSI.ID | BOLMUT – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) bersama Forkompinda mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi yang dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri RI bersama Badan Pusat Statistika dan Badan Pangan Nasional Senin (30/1/2023) secara daring, bertempat di Ruang Multimedia LT3 Kantor Bupati.

Pantauan media ini, Rakor tersebut di ikuti Wakil Bupati Bolmut Amin Lasena, Ketua DPRD Franky Chendra, Kejari Nana Riana, Sekretaris Daerah Jusnan C. Mokoginta, serta Pimpinan OPD Terkait.

Rapat Koordinasi dilaksanakan dalam rangka membahas langkah konkret pengendalian inflasi di daerah tahun 2023, kegiatan ini diikuti oleh seluruh Gubernur dan Bupati/Walikot se-Indonesia.

Menteri Dalam Negeri Mohammad Tito Karnavian membuka kegiatan sekaligus membawakan sambutan,Dalam sambutannya Mendagri menyampaikan bahwa salah satu yang menjadi permasalahan global di Negara Indonesia terjadi akibat tingginya faktor ekonomi dan inflasi.

Adapun yang menjadi fokus dalam rapat tersebut adalah urusan pertanian, perdagangan, keuangan, sosial, perhubungan, ESDM, serta perencanaan pembangunan.

“Angka inflasi nasional sangat ditentukan dari kerja pemerintah pusat dan seluruh pemerintah daerah. Sehingga peran pemerintah daerah sangatlah penting,” tutur Mendagri.

Dijelaskan Mendagri di bulan November inflasi terdapat penurunan sedikit sampai 5,42 persen namun diakhir tahun data dari BPS merilis angka kenaikan sedikit mencapai 5,51 persen.

Pemerintah berharap di tahun 2023 bisa meningkatkan anggaran dan bisa memperkuat jumlah kasturit diberbagai wilayah agar inflasi dapat dikendalikan sesuai rencana.

Usai Rakor, Wabup Bolmut Amin Lasena mengatakan akan menindaklanjuti apa yang menjadi arahan Mendagri.

“Kita yang pasti kewaspadaan harus ditingkatkan dan pemantauan harga,” kata Amin.

Karena menurut Wabup, di Bolmut terdapat bahan pokok yang harganya mulai naik, seperti minyak goreng.

Selain itu, pihaknya juga mendorong agar masyarakat petani di Bolmut gerakan menanam tanaman hortikultura terus ditingkatkan dengan memanfaatkan pekarangan ataupun lahan tidur.

“Terutama menanam cabai. Karena cabai sangat mempengaruhi terjadinya inflasi,” imbuhnya.

Senada, Ketua DPRD Bolmut juga menegaskan akan melakukan monitoring harga kebutuhan bahan pokok.

“Kita akan turun cek langsung harga kebutuhan pokok di pasar ataupun di toko-toko yang ada di Bolmut,” pungkasnya. (DR)

No More Posts Available.

No more pages to load.