DLH Mulai Lakukan Penilaian Calon Sekolah Adiwiyata Tingkat Kabupaten Bolmut

oleh -241 Dilihat
Adiwiyata
Tim penilai Calon Sekolah Adiwiyata Kabupaten Bolmut dan Kepala SDN 2 Bolangitang Timur serta jajarannya.

BOLMUT, Asumsi.id – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mulai melakukan Penilaian Sekolah Adiwiyata Tingkat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) tahun 2023.

Adapun calon sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten Bolmut yang diusulkan tahun 2023, yaitu SDN 6 Bolangitang Barat, SDN 2 Bolangitang Timur, Mis Alkhairat, SDN 12 Bintauna, SDN 5 Pinogaluman, dan SDN 8 Pinogaluman.

Pantauan media ini, Tim penilai Calon Sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten Bolmut yang dipimpin oleh Sekretaris DLH Bolmut Adler Th. Manginsoa, S.ST, M.Si, Afandi Ginoga, S.Pd, M.Pd dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bolmut, Marsia Randjaman dari Kemenag Bolmut dan Haris Alaina dari Pemimpin Redaksi Media siber.

Pada kesempatan itu, Sekretaris DLH Bolmut Adler Manginsoa mengungkapkan sebanyak 39 kriteria penilaian Calon Sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten Bolmut tahun 2023.

“KTSP, RKAS, Mading, Buletin, Pameran, Surat Kabar, Website, Radio, TV, Makalah, Puisi, Artikel, Gambar, Hasil Penelitian, Produk Daur ulang, Siswa mengikuti kegiatan seni tari, piket kebersihan kelas, toilet, green House, taman, hutan, tanaman obat, tanaman dapur, pembibitan, kolam ikan, lubang resapan biopori, bank sampah, pengelolaan sampah, pengomposan, produk daur ulang sampah, karya ilmiah, karya seni, tempat sampah, air limbah, ruang terbuka hijau, ventilasi udara, pohon berteduh, paving blok, dan kantin sekolah,” kata Adler.

Lebih lanjut, Adler menyebutkan tim penilai dijadikan mulai Senin (9/10) hari ini hingga Rabu, (11/10).

“Penilaian sudah di lakukan di SDN 6 Bolangitang Barat, SDN 2 Bolangitang Timur, Mis Alkhairat, dan SDN 12 Bintauna. Untuk SDN 5 Pinogaluman dan SDN 8 Pinogaluman kita lanjutkan besok,” ujarnya.

Untuk diketahui, adiwiyata adalah penghargaan yang diberikan kepada sekolah yang berhasil melaksanakan gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS). Gerakan ini bertujuan untuk mewujudkan perilaku ramah lingkungan hidup dari warga sekolah.

Program Adiwiyata dilaksanakan secara berjenjang dan diklasifikasikan berdasarkan nilai yang dicapai, yaitu Adiwiyata Kabupaten, Adiwiyata Propinsi, Adiwiyata Nasional, dan Adiwiyata Mandiri.

Turut hadir, Kepala Bidang Penataan, Penaatan dan Peningkatan Kapasitas DLH Kabupaten Bolmut Raden Mokoginta, ST, M.Si, jajaran DLH dan Dikbud Bolmut, serta masing-masing Kepala Sekolah dan jajaran Guru di calon sekolah Adiwiyata di Bolmut. (Dolvin)

No More Posts Available.

No more pages to load.