HeadlineBeritaEdukasi

Selamat! 3 Sekolah di Bolmut Terima Penghargaan Adiwiyata Tingkat Provinsi Sulut

232
×

Selamat! 3 Sekolah di Bolmut Terima Penghargaan Adiwiyata Tingkat Provinsi Sulut

Sebarkan artikel ini
Adiwiyata
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulut Arfan Basuki, SH, menyerahkan piagam penghargaan dan uang pembinaan kepada Kepala Sekolah SD Negeri 11 Pinogaluman sebagai Juara I Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Sulut.

BOLMUT, Asumsi.id – Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) kembali menorehkan prestasi membanggakan di tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Kali ini, prestasi ditorehkan oleh Sekolah-sekolah di Bolmut yang menerima Penghargaan Adiwiyata Tahun 2023 dari Pemerintah Provinsi Sulut melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Ke tiga Sekolah dari Kabupaten Bolmut berhasil meraih penghargaan bergengsi tersebut. Dari total 8 Sekolah Adiwiyata di tetapkan, 3 diantaranya dari Kabupaten Bolmut yaitu SD Negeri 11 Pinogaluman (peringkat pertama), SD Negeri 9 Pinogaluman (peringkat empat) dan SMP Negeri 3 Bolmut (peringkat lima)

Penghargaan Sekolah Adiwiyata diserahkan oleh Plh. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulut Arfan Basuki, SH, yang dipusatkan di Kabupaten Bolmut, di sela-sela peringatan HUT Korpri ke-52 di halaman Kantor Bupati Bolmut, Rabu (29/11/2023).

Hal itu disampaikan oleh Plh. Kepala DLH Provinsi Sulut Arfan Basuki mengatakan bahwa Adiwiyata merupakan program implementasi kebijakan pendidikan lingkungan yang strategis dalam mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran masyarakat melalui warga sekolah.

“Para guru, siswa, penjaga kantin, penjaga sekolah dan orang tua siswa dalam upaya melestarikan lingkungan hidup. Dimana setiap warga sekolah diharapkan ikut terlibat dalam sekolah menuju lingkungan yang sehat, serta terhindar dari dampak lingkungan yang negatif,” kata Arfan.

Lebih lanjut, Arfan mengatakan, dalam penilaian Adiwiyata terdapat indikator utama, sebagai kriteria penilaian yang harus diterapkan dalam penilaian kebijakan sekolah diantaranya pengembangan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan.

“Pada tahun ini ada 17 sekolah yang mengikuti penilaian calon sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Sulut dari 7 Kabupaten/Kota. Dari 17 yang mengikuti program Adiwiyata ini terdapat 8 sekolah yang lolos dalam penilaian Adiwiyata tingkat Provinsi Sulut dan 3 sekolah diantaranya dari Kabupaten Bolmut,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala DLH Kabupaten Bolmut Dr. Moh. Hidayat Panigoro mengucapkan selamat kepada sekolah terkait. Hal ini akan menjadi motivasi bagi seluruh sekolah-sekolah yang ada di Bolmut.

“Alhamdulillah ke tiga sekolah di Kabupaten Bolmut yang menerima penghargaan Adiwiyata tingkat provinsi. Saya berikan apresiasi dan selamat ya..Semoga ini menjadi teladan dan juga motivasi kepada seluruh sekolah yang ada di Bolmut untuk terus ciptakan sekolah yang berperilaku lingkungan.” ucapnya. (Dolvin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
error

Enjoy this blog? Please spread the word :)