Pemkab Bolmut Gelar GPM dan Lomba Cipta Menu Antara PKK Tingkat Kecamatan

oleh -235 Dilihat

BOLMUT, Asumsi.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) dan Lomba Cipta Menu, yang berlokasi di lapangan Desa Mokoditek, Kecamatan Bolangitang Timur, Senin (30/10/2023).

Diketahui, Kegiatan tersebut diadakan oleh Dinas Ketahanan Pangan yang bekerjasama dengan PKK Kabupaten Bolmut.

Pj. Bupati Bolmut Sirajudin Lasena diwakili oleh Assisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Rachmat R. Pontoh, SH. M.Si dan dihadiri Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Dr. Hi. Abdul Nazarudin Maloho, S.Pd, M.Si, Kepala BPS Bolmut, perwakilan Kejari Bolmut, Pabung Kodim 1303 Bolmong, jajaran TP-PKK Bolmut, Kadis Ketahanan Pangan Yulin Kohongia, SE, para kepala OPD terkait, Camat dan masyarakat.

Dalam sambutannya, Rachmat R. Pontoh mengatakan kegiatan ini sangat penting dalam menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan serta memberikan kemudahan bagi masyarakat.

“Hari ini pemerintah daerah melalui Dinas Ketahanan Pangan melakukan aksi Gerakan Pangan Murah dalam rangka stabilitas pasokan dan harga pangan serta pengendalian inflasi bekerjasama dengan Bulog Bolmong, PKK, Poktan/Gapoktan dan pelaku usaha lainnya untuk menyediakan pangan murah dan berkualitas kepada masyarakat dengan harga terjangkau,” kata Rachmat.

Menurutnya, GSM ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mempermudah masyarakat memperoleh bahan pangan pokok yang relatif murah dari harga pasar.

“Mulai dari beras, minyak goreng, tepung terigu, gula pasir, cabe, telur, bawang merah, dan bawang putih,” jelasnya.

“Saya berharap, masyarakat memanfaatkan momentum ini untuk berbelanja memenuhi kebutuhan pangan keluarga. Untuk dinas teknis yang harus diutamakan dilayani adalah masyarakat,” imbuhnya.

Selain itu, lomba cipta menu dilakukan pemerintah untuk mewujudkan dan memasyarakatkan penganekaragaman pangan sampai ke tingkat rumah tangga.

“Dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi pangan beragam, bergizi, seimbang dan aman,” ujarnya.

Sementara, Pj. Ketua TP-PKK Bolmut Ny. Ening Sutrisni Sirajudin Lasena-Adam mengatakan lomba seperti ini dapat memberikan semangat kepada masyarakat terutama ibu-ibu PKK agar selalu mampu dan mau mengembangkan teknik pengelolaan pangan lokal sehingga dapat menghasilkan produk pangan yang lebih modern dan dapat diterima oleh masyarakat.

“Saya yakin ibu-ibu dapat menciptakan makanan yang enak dan bergizi yang pada akhirnya akan meningkatkan animo masyarakat untuk mengonsumsi produk olahan pangan lokal,” ujarnya.

Berikut jenis bahan pokok dan harganya:

– Beras Rp 53.000/5 kg

– Minyak goreng Rp 15.000/liter

– Telur Rp 47.000/bak

– Tepung Terigu Rp 13.000/kg

– Gula pasir Rp. 13.000/kg

– Bawang merah Rp 17.000/kg

– Bawang putih Rp 47.000/kg

No More Posts Available.

No more pages to load.